Senin, 18 Maret 2013

Contoh Bab II KTI



GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PENANGANAN KEJANG DEMAM
 PADA BALITA DI RUMAH BERDASARKAN KARAKTERISTIK
 DI RW 04 DESA CIPAGERAN CIMAHI

BAB II
TINJAUAN TEORITIS

A.   Konsep Kejang
1.    Pengertian
Kejang demam adalah penyakit pada anak yang disebabkan oleh demam, umumnya sekitar 2-5% anak berumur antara 6 bulan-5 tahun mengalami demam tersebut. Namun tidak sampai menginfeksi otak anak (Hardiono,2003).
Kejang demam atau febrile convulsion ialah bangkitan kejang yang terjadi pada kenaikan suhu tubuh (suhu rektal diatas 38°C) yang disebabkan oleh proses ekstrakranium. (Ngastiyah, 2003)
Berdasarkan pengertian diatas penulis menyimpulkan bahwa kejang demam adalah bangkitan kejang yang terjadi pada kenaikan suhu 38° C dan sering mengyerang pada anak umur 3 sampai 5 tahun.
2.    Penyebab
Penyebab kejang demam menurut Mansjoer (2000) adalah insfeksii saluran pernafasan atas, meningitis, pneumonia, gastroenteritis dan infeksi saluran kemih, kejang tidak selalu timbul pada suhu yang tinggi, kadang-kadang demam yang tidak begitu dapat juga menyebabkan kejang.
Kebanyakan demam diakibatkan oleh peningkatan suhu tubuh yang cepat, dan biasanya terjadi di hari pertama demam (bisa juga pada saat demam turun). Kejang karena demam ini biasanya diakibatkan adanya infeksi di dalam tubuh anak, seperti infeksi saluran telinga, atau roseola (menyebabkan kelopak mata membengkak dan bercak2 di tubuh). Kejang demam juga bisa diakibatkan oleh masalah yang serius, seperti infeksi otak dan batang tulang belakang (sistem syaraf pusat). Contohnya meningitis, yaitu kondisi dimana membran (seperti) selimut otak terinfeksi. Atau enchepalitis, yaitu radang otak.
Kemungkinan terjadinya kejang demam dapat juga terjadi dimana suhu meningkat setelah anak diimunisasi. Kejang demam merupakan efek samping dari imunisasi yang sangat jarang, tetapi mungkin terjadi di hari yang sama saat anak mendapatkan vaksinasi DTP atau 14 had setelah anak mendapatkan vaksinasi MMR. Namun begitu, kejang demam disebabkan oleh demam yg berbarengan dengan vaksinasi dan bukan disebabkan oleh vaksinasinya. (http://www.mail-archive.com, diperoleh tanggal 26 februari 2008)
untuk lebih lanjut langsung sedot aja  Download Disini

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com